Thursday, February 12, 2009

Valentine Day


Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya valentine itu Merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada Pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.

Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, namun jarang kepada teman pria lainnya. Kecuali kedua-duanya adalah kaum homoseksual.

Sumber Artikel di atas dari Wikipedia

Bentar lagi kegiatan/acara yang biasa disebut Valentine's Day yang jatoh tanggal 14 February ini, bakal diramein oleh pasangan dari yang bau kencur mpe yang udah kakek-nenek. Acara yang juga menimbulkan kontroversial ini, karena alasan-2 tertentu seperti "Bukan budaya Indonesialah" or kenapa mesti identik dengan bunga, coklat, kado, kartu ucapan dan ornamen yang serba pink? salahkah bagi mereka yang merayakan atau yang gak perduli sama sekali akan dianggap kuno?
Nah menurut para blogger sendiri gimana ????
ayo comment2.......

20 komentar:

sinyo's blog said...

ehm...menurutku..ndak penting2.. amat.." ni komentar pribadi lho " soalnya....... tau ndak...soalnya aku bukan orang yg romantisme.

abie said...

nggak penting...karena aku adalah barisan cowok gak laku laku gara gara selalu cemburur kalau lihat baju baru..lo kok...

Erik said...

Menurut saya sih gak penting Rat...

Saya banyak liat, justru banyak orang justru mengaplikasikannya dengan cara negatif

Melda Sipayung said...

enggak penting tu valentine, udh tiap hari kok valentine-an...valentine kan "kasih sayang gtu to".....ya tiap hari tu aku memberi kasih sayang kepada setiap orang.....wkwkkwkwk

G said...

Menurut saya bukan soal penting ga penting, tapi kalau mmg ada kesempatan untuk merayakan secara khusus kasih sayang, mengapa tidak? saya ga takut justru sama trend, menurut saya tidak ada salahnya merayakannya kalau mmg merasa ingin, dan kalau tak ingin ya ga papa juga.

Aplikasi negatif juga terjadi sewaktu pergantian tahun, sewaktu berulangtahun, bahkan sewaktu tujuh belasan, bahkan juga sewaktu sedang puasa, hehehe.. itu kan sikap manusia2 yg kebablasan, sedangkan hari perayaan itu sendiri sebetulnya motivasinya kan positif, jadi kalau hati bersih tulus dan mmg dengan hasrat murni membahagiakan org yg dikasihi dengan ikut merayakan hari tsb secara khusus, dimana letak salahnya?

(^_-)

Making Money Online said...

ya kalo menurut aku sih terserah..
tapi kalo aku sendiri kayak gak penting tuh valentine...wkakakakaka...
tau sendiri kan..

zener_lie said...

gak penting. tapi karena ikut-ikutan jadi sedikit penitng. biar seru.

walau namanya hari kasih sayang khan tapi kasih itu harus diberikannya tiap hari bukan tanggal 14 feb doank :)

budiawanhutasoit said...

ah, hari valentine mah kerjaan orang bisnis aja..biar barang2nya laku..hehe
tiap hari adalah hari kasih sayang..

Lau said...

Ya terlepas valentin tuh budaya luar ato dalem, selama itu baik dan ga ngerugiin ya menurutku sih fine2 aja.
Meskipun setiap hari kita bisa ngungkapin sayang ke semua orang, tapi kan menyenangkan jg kalo ada satu moment spesial yang bisa dipake buat ngasih tanda sayang kita dengan cara yang ga biasa,
kayak bangunin orang yang kita kasihi tepat tgl 14feb jam 12:00:01 am sambil nyanyi sekenceng2nya(*makin kenceng brarti makin sayang) lagu "O Sole Mio" pake iringan gitar (*ato kecrekan seandainya tak punya) ekekeke..

nirmana said...

aku ngerasa HV itu penting, klo ga penting mana mungkin jadi mengglobal gituh. tapi yang lebih penting lagi bukan hari valentinnya, melainkan cara merayakannya yang bijak, dan mengena dengan semangat valentin itu yg terpentingnya. sebab skr kulihat banyak yg udah kebablasan tuh valentinannya.

J O N K said...

Waduh, gak pernah ngerayain valentine. Gak pernah punya pacar terus inget sejarahnya.

Kan pendeta yang ngirim hadiah valentine besoknya dihukum mati, akhirnya jadi takut ngerayain nih.

Lau said...

@ Jonk, Oh ya? Cerita lengkapnya ada dimana?
Mau tau dong.

HoneyBUZZin said...

Tidak begitu penting buat saya my friend...tapi kalau disambut tidak juga menjadi masalah. Happy Valentine Day!

Kharianto said...

Waduh, seharusnya setiap detik pun kita harus merayakan hari kasih sayang,,, itu lebih baik mbak,,,

salam kenal mbak,,

G said...

Valentine’s Day is for expressing affection;
Fond thoughts are coming your way;
We’ve always had a special connection,
So Happy Valentine’s Day Ratna (^_^)!

yanuar catur rastafara said...

kalau valentine sich q lum pernah ngerasaain bareng pacar
masih jombi tua nih
hehehehehehe
valentine tu mnurut saya its ok
tapi selama tahap yang sewajarnya saja...

Senoaji said...

waaaa.... valentine tempatku mulainya baru tanggal 20 [KLIK: NGACOGAKETULUNGANDOTCOM] wkwkwkwkkwkwkwkwkwk... lam kemul ehhh kenul [hayaahhh!!!] kentul [ngaco deh!!] kenal xixixixiixixixixi

puisi cinta | lirik cinta said...

wah infonya menarik ratna :-) kalo valentine memang bisa buat kita lebih menghargai perasaan kita kepada seseorang kenapa nggak? betul? salam hangat selalu.

Partisimon Dot Com on Valentine said...

Pertama -tama saya ucapkan selamat hari valentine...

Bagi saya hari valentine sangat berarti ..., seperti yang telah saya tulis di salah satu artikel blog saya ...

Jabat Erat
Partisimon.Com

Oktavianus s said...

Wah,gw cuma bisa bilang hari valentine itu bisa terasa jika kita bisa mengungkapkan isi hati kita kepada teman,sahabar,pacar,dan orang2 yang kita kasihi. G harus isi cinta tapi bisa traktir gt dong.. Haha9x..

Post a Comment