Friday, February 6, 2009

BUKIT KELAM WISATA ALAM DAN WISATA ROHANI


Perkenalkan...
gambar diatas adalah gambar bukit kelam atau kelam hill. Mungkin bagi sebagian besar orang kalimantan barat atau tepatnya daerah sintang dan sekitarnya, bukit kelam sudah tidak asing lagi, karena letaknya di kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Sebuah Kabupaten yang pada tahun 2009/2010 yang karena perkembangannya akan dijadikan provinsi, pemekaran dari Kal-Bar.
Bukit kelam adalah salah satu objek wisata alam yang menyimpan banyak pesona. Seperti halnya Gunung Tangkuban Parahu di Bandung Jawa Barat dengan cerita legenda Sangkuriang, Bukit Kelam sendiri memiliki cerita legendanya juga. Nanti deh ceritanya kalo yang ini.hehehe..tapi kalo penasaran klik ini aja.

Ketika liburan natal 2008 kemarin, saya dan keluarga menyempatkan diri berkunjung ke bukit kelam. Kalo dari tempat ku (nanga pinoh)ke bukit kelam bisa menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam, itu sih tergantung kondisi jalannya dan kecepatan pengemudinya,kalo ngebut 1 jam juga bisa nyampe. kalo dari nanga pinoh perjalanan kesana bisa ditemput dengan menggunakan mobil, motor atau pun kendaraan lainnya. Kalo dari Pontianak jarak tempuhnya bisa mencapai kurang lebih 7 jam, ya itu tadi tergantung kondisi jalannya. Apa saja yang ada di bukit kelam ?

Disana kita bisa melihat bukit kelam yang kontruksi batu ini juga hanya satu, jadi bukan terdiri dari banyak batu. karna besarnya,menurut temanku Orang Dayak yang asli orang Sintang, pernah ada organisasi dunia yang menilai bahwa ini adalah batu terbesar di dunia. Hebat juga yah…
Luas Wisata Alam Bukit Kelam ini sendiri sekitar 520 hektare, di dalamnya banyak sekali keunikan dan kekayaan hayati.
Dikawasan ini, terdapat berbagai flora langka, seperti meranti (shorea sp), bangeris (koompassia sp), tengkawang (dipterocarpus sp)
kebas-kebas (podocarpusceae), anggrek (archidaceae),dan kantog semar raksasa.
berbagai fauna lagkanya, seperti beruang madu, trenggiling, kelelawar, dan alap-alap, menambah daya tarik kawasan ini.
bagi yang ingin ke puncak bukitnya, dapat melewati sebuah tangga yang memiliki ketinggian 90 meter yang terletak disebelah barat
bukit kelam. Bagi yang bernyali besar dan menyukai tantangan ekstrem, dapat mencapai puncaknya dengan melewati tebing batu yang terjal.
bila musim hujan tiba, dari tempat ini pula terdapat air terjun yang mempesona.

ketinggian kawasan ini antara 50-900 meter dpl dengan kemiringan 15-40 derajat, sehingga tepat sekali dijadikan tempat untuk melakukan olahraga
terbang layang atau panjat tebing.


Aku dan Bunda Maria
Disekitar bukit kelam juga terdapat Gua Maria, Satu lagi tempat wisata rohani umat Katolik. di Gua Maria ini kita bisa berdoa dengan khusuk, karna di situ lingkungannya benar-benar sangat asri karna berada dikawasan hutan dengan pohon-pohon yang rindang ,kicauan burung yang merdu menambah khusuk pengunjung yang ingin berdoa disana. Disekitaran gua maria tersebut juga terdaat Lintasan Jalan Salib yang membuat saya bertambah kagum dengan patung-patung jalan salibnya yang besar-besar, kalau saya tidak salah mungkin terbuat dari perunggu.


Salah Satu Patung Perhentian Jalan Salib

o iya penggunjung Gua Maria tersebut tidak hanya dari orang-orang kristen saja tapi pengunjung non kristen juga banyak yang berkunjung ke gua maria untuk sekedar melihat-lihat dan saling menghormati.

Kolam Renang di Bukit Kelam
Selain itu, di Kawasan Wisata Alam Bukit Kelam sendiri terdapat kolam renang dan lapangan tenis yang dapat Anda manfaatkan. Kalau Anda ingin bermalam disana, ternyata disana pun sudah disediakan camping ground yang cukup luas dan aman lho.
nah ini dulu cerita ku tentang bukit kelam, bagi yang penasaran datang aja kesana...asik loh...

12 komentar:

Anonymous said...

Info yang menarik, ternyata Bukit Kelam menyimpan sejuta keindahan. Fasilitasnya juga bagus ya. Cocok buat tujuan wisata keluarga.

Anonymous said...

Kalo liat photo yg pertama saya jadi keingetan sama G. Ciremai yg dah lama gak saya daki, dan juga di kaki g. ciremai via jalur palutungan ada wisata Gua Maria dan tempatnya [sikon] gak jauh beda dengan Gua Maria Wisata Bukit Kelam.

Oia Baju barunya bagus neeh, lebih epet dari yg kemaren [ato krna mungkin akses internet saya yg sedang bagus ya hehehe...]

keep blogging...

keep blogwalking...

keep commentwalking...

BeeMouNTaiN said...

thanks infonya wah ini bisa jadi agenda buat di taklukan..soalnya aku ga pernah mendaki ke daerah kalimantan..

J O N K said...

Enak nih kalau lihat yang kayak ginian. Secara gue gak pernah refreshing :)).

Anonymous said...

info yang sangat menarik ratna.
saya baru tau mengenai bukit kelam ini dari postingan kamu.

ternyata banyak tempat wisata di indonesia yang belum digali lebih dalam..

nice posting

Anonymous said...

fotonya cantik2
baju barunya so colourful n fresh

bunda said...

wah tempat wisata alam yang menarik ya, baru tahu dari kamu
nice posting

Hakimtea said...

tapi setelah wisata Rohani jangan sape "Kelam" ya, hehe... btw, thanks informasinya nih.

Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

ratnanet said...

terima kasih semuanya.,.kalo berkesempatan berkunjunglah ke bukit kelam...daerah kalimantan barat..

Anonymous said...

baru tau kl di balik kelam ada danaunya..hiks. ga keburu kesitu :( suatu kali kayanya musti berkunjung lg. makasih catatannya. salam kenal.

http://dhenokhastuti.wordpress.com/2012/07/04/catatan-harian-sintang-1/

tian said...

Bukit Kelamada kolam renangnya juga to. . .

istanbul escort said...

www.hatuntr.net

Post a Comment