Thursday, October 16, 2008

Pelaksanaan Pesta Seni Dan Budaya Se-Kalimantan VI

Pesta seni dan Budaya Dayak SE-kalimantan kembali digelar, bertajuk "Originalitas Kehidupan anak bangsa dalam harmoni budaya sebagai cerminan identitas bangsa". Bertempat di Gedung Olahraga UNY, 16 oktober hingga 18 oktober 2008.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keenam,dan merupakan agenda tetap setiap tahunnya. Awalnya acara tersebut bertujuan sebagai wadah untuk mengisi kerinduan pelestarian budaya Dayak bagi pelajar mahasiswa Kalimantan yang sedang menempuh study dijogjakarta. Namun, melihat antusias yang tinggi dari komunitas pengamat budaya dan masyarakat khususnya yang ada di Yogyakarta. Tujuan tersebut bergeser menjadi ajang memperkenalkan dan mempromosikan budaya Dayak kepada masyarakat luas bahkan bagi turis Mancanegara.


Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi Kalimantan Barat sebagai penyelenggara bekerjasama dengan Fokus Mapawi (Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Melawi) dan IPMKB (Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Melawi) dan IPMKB (ikatan Pelajar Mahasiswa Kalimanta Barat) membentuk kepanitiaan bersama berupaya menyuguhkan sajian etnik yang menarik bagi pengunjung. Rangkaian kegiatan acara dimulai dengan pawai budaya (mengelilingi jogjakarta) dilanjutkan dengan acara pembukaan dengan prosesi adat yang dilakukan oleh tertua adat dari kabupaten melawi dilanjutkan dengan pemotongan OMPONG oleh Bupati Kabupaten Melawi DRS.A Suman Kurik,MM. Setelah prosesi dan acara pembukaan dilaksanalkan Rombongan Bupati dan Tamu undangan meninjau stand-stand pameran yang diikuti oleh 11 forum kalimantan yang ada dijogjakarta. Pada Malam Harinya dilanjutkan dengan Festival Lagu Daerah yang dilakukan setelah peserta festival mengikuti Audisi pada tanggal 15 oktober 2008 terpilih lah 5 finalis yang akhirnya berkompetsi kembali pada malam ini.

Kiranya inilah rangkaia acara yang sudah terlewatkan pada hari pertama pesta seni dan budaya sekalimantan ini, Besok akan dilanjutkan dengan acara yang lebih seru lagi yaitu disiang hari akan diadakan perlombaan permainan rakyat dilanjutkan dengan malam festifat tarian rakyat yang biasanya menjadi puncak keramaian yang selalu padat dikunjungi penonton. Selain budaya Dayak, event ini juga dimeriahkan oleh penampilan khusus dari daerah lain yaitu Sunda, Sumba, dan Jawa yang diwakili oleh seniman Yogyakarta.

**Foto akan saya Upload menyusul...

2 komentar:

manusia biasa said...

waduhhhhhhhhhh...... seru juga disana yahh.... manusia biasa jadi kepengen deh melihat adat budaya dpertontonkan disana..... wahhh rugi besar nih manusia biasa......

BloGendeng said...

Selamat buat sukses acaranya,Ratna.
Capek tapi seneng adalah kepuasan tersendiri.

Post a Comment