Thursday, October 2, 2008

Gereja Ganjuran, Bertemu Yesus dalam Wajah Jawa

Liburan lebaran ini aku sempatkan berkunjung ke gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran..Tempat doa yang lumayan tenang buat berdoa..selama dijogjakarta aku lumayan sering berkunjung kesana, ya tentu saja buat doa.letaknya juga ga jauh dari pantai parang tritis.Kebetulan Hari Libur Jadi Yang berkunjung Kesana Hari itu Ramee Banget.

Terletak sekitar 20km ke arah Selatan Yogyakarta dan termasuk wilayah Kab. Bantul, ini adalah tempat berziarah bagi umat Katolik tetapi juga terbuka buat semua agama. Karena semua agama adalah sama karena tujuannya adalah TUHAN. Bangunan awal didirikan pada tahun 1924 atas inisiatif dua bersaudara keturunan Belanda, Joseph Smutzer dan Julius Smutzer. Mereka berdua adalah pengelola pabrik gula Gondang Lipuro yang dibangun di daerah itu pada tahun 1912. Selain gereja, kedua bersaudara tsb juga memprakarsai dibangunnya sebuah klinik serta sekolah.

Pada tahun 1927, dibuatlah sebuah candi untuk melengkapi bangunan gereja tsb. Candi tsb cukup unik krn mempunyai perpaduan unsur Jawa dan Hindu. Seputar candi itulah yg sekarang menjadi tempat berdoa bagi para peziarah.


Anda yang ingin berziarah bisa menuju tempat pengambilan air suci yang berada di sebelah kiri candi. Setelah mengambil air suci, anda bisa duduk bersimpuh di depan candi dan memanjatkan doa permohonan. Prosesi ibadah diakhiri dengan masuk ke dalam candi dan memanjatkan doa di depan patung Kristus. Beberapa peziarah sering mengambil air suci dan memasukkannya dalam botol, kemudian membawa pulang air itu setelah didoakan.

Yup kalo na boleh cerita ada banyak mukjijat jika kita berkunjung kesana. Boleh percaya atau tidak beberapa permintaan diperlancar oleh Empunya jagad raya asal dengan niat dan perjuangan yang kuat dan tulus..Jalan menuju kesana akan banyak kita temui sawah dan ladang serta sungai yang sungguh menyejukkan hati kita. Jalannya juga sepi dan tergolong enak untuk dilewati.Sesampainya di ganjuran temple kita bisa melihat sisa sisa bongkahan akibat gempa 27 Mei. Suasana tenang meliputi waktu na ke ganjuran. Bisa dibilang mak nyus….disana kita semua bisa bercerita kepada sang pencipta tentang semua dosa,kelakuan,hidup yang telah dilewati selama hidup kita. Dipastikan akan membawa kesegaran karena kita juga bisa mengambil air asli dari mata air ganjuran. Menurut sejarah air itu dipercaya dapat memberika keberuntungan serta berkat bagi yang meminumnya ataupun yang menggunakannya..Selagi manusia itu dekat dan selalu berjuang.

5 komentar:

Anonymous said...

Wow infonya bagus banget, Ratna. Nic e to meet you. Oh ya ada YM ngga,ratna? aku blogendeng@yahoo.com..
kalo ngga keberatan add ya. Thx,sis. JBU

Anonymous said...

kalo jalan2 ajak2 dong kak... kan enak rame2
wah... pada mo ym-an ya.. ikut dong add tuink ya di kebonjeruk2002@yahoo.com

ratna cute said...

iya2 tar na add..

gfgf said...

info seru nehhhhhhhh. nice post

gfgf said...

info seru nehhhhhhhh. nice post

Post a Comment